Penggunaan TIK dalam bidang : Militer, Kesehatan, Pendidikan, Otomotif, Perdagangan


Penggunaan TIK dalam bidang : Militer, Kesehatan, Pendidikan, Otomotif, Perdagangan



1. Manfaat Teknologi Informasi dalam Militer
Penggunaan Teknologi Informasi telah menyebar ke segala bentuk organisasi. Organisasi organisasi telah sadar bahwa informasi memiliki peran pendukung dalam upaya membuat proses lebih efisien dan efektif.
Informasi dapat digunakan untuk mengukur dan memantau kinerja proses, mengintegrasikan kegiatan yang ada dalam proses, menyesuaikan proses tertentu serta optimalisasi proses.



2. Pengaruh teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) memberi banyak manfaat.
Dimulai pemanfaatan satelit palapa, program ACI, radio pendidikan, hingga SBJJ seperti Universitas Terbuka. Tambah lagi kebijakan Renstra untuk tahun 2009 yang berbasis penguasaan TIK dan pemanfaatannya pada institusi pendidikan di Indonesia dalam membentuk masyarakat belajar…Sungguh kereen pikirku pada awalnya. Terlintas sedikit mimpi-mimpi akan Pendidikan Indonesia yang lebih mudah dengan adanya TIK. ? ?
Namun saat kemaren bertemu dengan seorang teman yang juga alumni TP yang menjadi guru TIK, aku hanya terdiam. Bagaimana tidak?nyaris seharian aku melihat ia menginput data nilai siswa di komputer tuk di upload di internet ke depdiknas. Meski terlihat keren (dah ada data base online nih ceritanya DEPDIKNAS), tapi kok..saat melihat struktur, dan isinya… speechless deh. Cape deeh.. RPP (Rancangan Pengelolaan Pengajaran ) diiinput sendiri, trus nilai tiap siswa, tiap pokok bahasan, diisi sendiri, harus online pula.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFRev99Sars4NG3PTuJZupsG7Lto8peSVPi7p0261TxXbd-6IR7sMXlf0hKeK2lUPer0odkwxQmFqmaqIR4Ki8FiVBT3ceJjuK7kud4YFutWwdYPqVllSXDQPooKLtIwqjGrajrEzI7do/s320/kesehatan.jpg


3.Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi854RZi9JUNTXbAWcczLy7MD_kX_1yvlNsdt7EJe4CPt-9asDNZOK0xUsv7jfDhJx_lnvJFEtvD-d3drV7dExqidmQ4aev5XNYkay6AnCrx8VIV4xUVQV3jD8KUw0TNDct3FibiDv3G88/s320/perdagangan.jpg


4. Bidang Perdagang
Penerapan TIK pada bidang bisnis misalnya, TIK telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-S32BusMuqgyM8OTepwlMMlGTkW07C3LUEtQDlco8IRKERR7zfirKH0mhS-5D09rlZW8wbvF5ve9mNZINaxaDLZElDMZrRj5fe7uEuBgcLtzSB1o69ML77DcTql0cnvUqdmn5iaddbb4/s320/otomotif.jpg


5. Bidang Otomotif
berikut: “seandainya dunia otomotif mengalami kemajuan sepesat teknologi informasi, saat ini telah dapat diproduksi sebuah mobil berbahan bakar solar, yang dapat dipacu hingga kecepatan maximum 10,000 km/jam, dengan harga beli hanya sekitar 1 dolar Amerika !”. Secara
Diposkan oleh Rizky Dwi di 20:47
Tidak berlebihan jika salah satu pakar IBM menganalogikannya dengan perkembangan otomotif sebagai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERANG DUNIA II

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER T I K KELAS VIII SEMESTER GENAP TAHUN 2012/2013