PERALATAN-PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


BAB 1
PERALATAN-PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang begitu cepat telah banyak memberikan kemudahan bagi manusia terutama untuk melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi tanpa di batasi oleh waktu.Saat ini, hampir semua aktifitas manusia selalu  berhubungan dengan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di manapun berada. Di rumah, berbagai peralatan elektronik seperti televise, telepon, CD/DVD player, home theater dan play station mendominasi cara manusia memperoleh dan memberikan informasi. Di kantor, berbagai peralatan seperti komputer, laptop, dan internet juga sangat mendominasi cara kerja manusia modern dalam menghasilkan sebua informasi dan produk.
       Di Sekolah, sekarang ini sudah sangat maju dengan masuk nya pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, komputer, LCD Proyektor, kamera CCTV dan bahkan para pengajar nya sudah banyak yang mengunakan media laptop dan internet sebagai media interactive learning pada para peserta didiknya. Disamping itu,tidak lepas dalam keseharian kita di luar rumah, kantor maupun sekolah selalu menemuio peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti telepon seluler, komputer mini (Pocket PC/PDA), dan MP3/Mp4 tidak ketingalan melengkapi kemudahan aktivitas manusia.



a.Telegraf
Alat ini ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse, Sir Wiliam Cook, dan Sir  Charles Wheatstone pada tahun 1837. Menurut sejarahnya, pada tahun 1793 di temukan jalur telegraf optic jarak jauh oleh Claude Chape. Kemudian tahun  1843, Samuel FB.Morse membuat jalur telegraf listrik jarak jauh. Secara garis besar, cara kerjanya adalah data di kirim oleh operator telegraf dengan cara menerjemahkan teks yang di kirim menggunakan peralatan telegraf, oleh peralatan tersebut data di kirim melalui kabel listrik berupa pulsa listrik dengan aris panjang dan pendek seperti pada kode morse. Pulsa listrik di terima oleh peralatan telegraf  pada koleksi penerima, lalu di terjemahkan oleh operator menjadi barisan teks yang kemudian akan di sampaikan kepada alamat yang di tuju. Lama pengiriman data di temukan oleh jauh dekatnya jarak antar koleksi.Meski sudah berkembang alat komunikasi yang lebih canggi, telegraf masih di pergunakan untuk keperluan navigasi pelayaran, pesawat udara, dan komunikasi di bidang kemiliteran.

b.Telepon
Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Telepon berasal dari kata tele yang berarti jauh dan phone yang berarti suara) alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan suara melalui sinyal listrik. Perangkat ini biasanya di gunakan untuk berkomunikasi antar jarak yang berjauhan. Telepon, yang pada awal di temukan pada tahun 1876, diniatkan sebagai media untuk mengirimkan suara, dan salasatu penerapan komsep analong, juga memberikan konstribusi yang tidak sedikit terhadap perkembangan teknologi. Sampai dengan sekitar tahun 1960-an, penerapan analong ini masi tetap bertahan, hingga setelah itu, mulai mangarah kepada teknologi digital.

c.Televisi
Televisi merupakan alat terima informasi berupa gambar dan suara secara langsung pada saat yang bersamaan (real-time) dengam cara mengirim sinyal-sinyal elektronik melalui kabel dan serat optik, atau dengan mengunakan glombang elektromaknetik. Televisei dapat di pasngkan dengan dvd player untuk menampilkan informasi yang tersimpan dalam piringan dvd. Hingga sekarang telah muncul berbagai jenis dan bantuk televisi seperti televisi layar datar lcd (liquid crystal display), televisi layar lebar dengan sistem home theater hdtv (high definition television), televisi dlp (digital linght processing)dan televisi plasma. Saat ini terdapat bentuk lain dari televisi yaitu cctv (close circuit  television) yang banyak di gunakan sebagai alat keamanan. Petugas kaamanan yang ada di gedung mengunakan cctv yang dihubungkan dengan kamera pengawas untuk memantau daerah tertentu yang diawasinya sehingga jika terjadi sesuatu, maka akan dapat di rekam dan terlihat pada kamera cctv tersebut
d. facsimile (faks)
Faks merupakan gabungan fungsi scanner, printer,dan telepon. Pralatan ini digunakan sebagai alat komunikasi yang cukup efektif dan efisigen. Pada umumnya jika kita ingin mengirim faks, terlebih dahulu perlu kita mengetahui apakah isi penerimah memiliki mesin faks yang otomatis atau manual, untuk mesin faks yang manual, si penerima perlu kita hubungi dahulu untuk menyalahkan mesin faksnya dalam keadaan stand by, sedangkan untuk mesin fank yang otomatis kita tidak perlu mengubungi si penerina, karma mesin faks nya akan mengisarat kan bawa penerima faksimili. Setelah itu masukkan kertas/dokumen yang hendak dikirim, diikuti dengan menekan nomor faks yang hendak dituju. Selanjutnya si penerima, akan dengan sendirinya menerima faksimili tersebut.
e. handphone (telephone genggam)
Awal telepon dibuat hanya terbatas pada telepon tetap (fixed line telephone). Namun sejak 3 April 1973 telah dikenal suatu teknologi telpon genggam atau yang sekarang banyak orang sebut dengan nama nandphone (HP). Saat ini handpohone banyak digunakan oleh masarakat luas, selain untuk berkomunikasi ternyata handpohone juga suda menjadi bagian dari gaya hidup, penampilan, tren, dan prestise (gengsi). Dengan kecangian teknologi, kini handpohone di buat dengan berbagai bentuk dengan gerbagai behtuk dan ukuran sehingga semakin menarik dan beragam. Fiktur-fiktur yang ditambahkan didalamnya juga sangat komples, mulai dari kamera digital, radio FM, pemutar MP3/MP4, video, dan berbagai jenis permainan yang menarik. Teknologi telepon gengam atau telepon seluler merupakan gabungan dari teknologi telpon san teknologi radio, yang mengirin sinyal suara melaui glombang radio. Karena bersifat nir kabel (wirelss), maka telepon tersebut memungkinkan terjadinya komunikasih bergerak. Di Indonesia terdapat dua teknologi hanpone  yaitu global system for mobile comunikasion (GSM). Dan code vision multiple acces (CDMA). Secara prinsip, beda antara duanya adalah cara pegunaan kode  dan pemancar frekuesi yang digunakan.
a. gsm (grobal system for mobile communication)
 mempunyai pengertian system telekomunikasi bergerak yang mengunakan system seluler telpon digital. System ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan telepon trdisional. Diantaranya adalah suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih, efisiansi spectrum atau  frekuesnsi meningkat, mempunyai kemampuan optimal system yang di tujukan dengan kemampuan kompresi dan coding data digital. Teknologi digital. Ini juga menggunakan handset   yang sangat ringan, simple, dan kecil karma mengunakan semacam chip digital untuk subscriber identification module (sim) . operator seluler di Indonesia  yang mendominikasi pengunaa teknologi  gsm diantaranya adalah telkomsel, indosat, axsis, exelcomindo, dan three.
 b. cdma (code division multiple acces)

Cdma manggunakan konsep multipath fading yaitu ketahnan sinyal terhadap pantulan gedung-gedung sehinga cdma mampu menerima dan mengabungkan sinyal menjadi lebih baik. Ada dua jenis telepon seluler yangmendukung pengunaan teknologi cdma, yakni jenis pesawat yang dikategorikan sebagai mobile handset dengan ukuran dan fungsi seperti ponsel pada umumnya, dan jenis pesawat berupa fixet wireless terminal yang bentuk nya menyerupai telpon tradisional rumah biasa, namun nikabel. Salah satu kelemahan system cdma adalah cakupannya tang terbatas karma menggunakan frekuensi 1900 khs. Berbeda dengan gsm  yang menggunakan frekuensi 900-1800 mhs. Semakin tinggi frekuensi, semakin kecil jarak yang biasa di cover oleh sebuah base transceiver setation (bts). Mulai tahun 2007 indonesia sudah membuat standar frekuensi untuk system cdma yaitu pada 800 mhs. Operator seluler di indonesi yang mendomiasi [enggunaa teknologi cdma telkom  (flexi), bakrie telkom (esia), mobile-8 (fren), dan smart..

f. radio
Radio mempunyai peran penting dalem kehidupan sehari-hari. Misalnya,menyelamatkan korban dalam kecelakaan dilaut, seperti tindakan operasi peyelamtan penumpang titanic yang tengelam pada 1912

Radio bekerja dengan mengubah suara atau sinyal lain menjadi glombang elektromaknet atau glombang radio. Glombang ini bergerak melalui udara dan angkasa. Saat sinyal di terima receiver, ia segera diubah kebentuk semula yaitu suara. Bagaian penting dalam radio adalah:
#  antenna, untuk menangkap gelombang radio
#  tuner, berfungsi mancari gelombang dengan angka-angka frekuensi tertentu
# amplifier, memperkuat sinyal progam yang dipilih tuner
# penegas suara.

Diradio, amplifier berubah transistor dan ic (integrated circuit). Sedangkan radio dari tahun sebelum itu mengunakan tabung udara hanpa udara. Muara terahir adalah speaker yang akan mengubah sinyal listerik menjadi suara asli. Ternyata kecangian teknologi memugkinkan diproduksi kecangian jinjing- bahkan Cuma sebesar korek api-yang praktis dibawa. Daya tarik lain, tak Cuma program kuis interrktif yang melibatkan lagsung pendengaranya, juga kualitas modulasi yang makin baik dengan adanya siaran fm membuat siaran musik kian disukai. Selain itu juga untuk tujuan kormelsial dengan pemutaran iklan produk.

g. pocket pc (pda)
alat ini tergolong yang paling modern dan banyak dimiliki oleh kalangan tingkat atas. Pocket pc sering disebut sebagai computer mini karma bentuknya yang kecil dan dapat dibawa kemana-mana. Selain itu, disebut juga dengan nama pda (personal digital assistants) yaitu sebuah computer seukuran telapak tanggan yang dapat digunakan untuk menyimpan, mengakses dan mengorbanisasi informasi.
Beberapa pda saat ini enggunakan system operasi berbasis windows, palm, linux, symbian, blackberry, dan android. Biasanya, pda juga dilengkapi dengan virtual keyboard pada layarnya dan juga dapat menggunakan keyboard tambahan yang dipasang ka pda agar proses input menjadi lebih cepat. Proses memasukan data ang paling umum pada pda adalah lewat stylus pen yang disertakan bersama pda tersebut, sehinga kita dapat memasukkan huruf dangan menuliskannya pada permukaan layar pda dengan mengunakan software grafitti
Pda memiliki program setandar yang dapat digunakan untuk menyimpan alamat dan nomor telepon, mengatur jadwal kegiatan, kalender dan menyimpan catatan. Bahkan pda yang lebih canggih memiliki program pengelolah kata, spreadsheet, pengatur keuangan, permainan, pemutar mp3, pemutar klip video, pembaca electronic book (ebook)1, bahkan mengakses email dan brosing internet pun dapat dilakukan lewat pda. Untuk mengukur cepat atau lambat dari sebuah pda, kita dapat melihat nya deri kecepatan clock yang dihasilkan oleh processol  maka dapat dipastikan semakin cepat pula respon yang akan dihasilkan pda terhadap input dari pengguna. Tetapi hal ini belum tentu 100% pasti bawa processor yang memiliki clock speed yang sama memiliki respon yang sama, hal ini dipengaruhi

h. lcd proyektor
Lcd (liquid crystal disply) projector adalah alat menyampai informasi dengan cara menampilkan informasi tersebut dalam sebuah prestasi di layar yang besar sehingga pesan yang disampaikan terasa lebih menyenangkan bagi penerimanya. Biasanya alat ini memper oleh input-nya dari sebuah file yang dibuka pada aplikasi computer atau laptop. Gambar yang dihasilkan proyektor lcd memiliki kedalaman warna yang baik karma warna yang dihasilkan oleh panel lcd langsung dibiasakan lensa dan layar. Selain itu gambar pada proyektor lcd juga lebih tajam dibandingkan dengan gambar proyektor dlp (digital light processing).
Kelebihan lain dari lcd adalah panggunaan cahaya yang lebih efisien sehingga dapat memproduksi “ansi lumens” yang lebih tinggi dibandingkan proyektor dengan teknologi dlp. Sedangkan kelemahan teknologi lcd adalah besar piksel yang terlihat jelas di gambar. Ini yang meyebabkan teknolagi lcd kurang cocok untuk memutar film karena akan terasa seperti melihat film dari balik mata yang terhalang “selaput katarak”. Proyektor dlp memiliki carara kerja yang sangat berbeda dengan lcd. Salasatu perbedaan dlp adalah adanya chip dlp (disebut juga dmd-digital micro device). Pada chip dlp ini terdapat cermin-cermin yang ber ukuran mikro (sepersejuta) yang terbuat dari almunium dan berfungsi untuk memntulkan cahaya untuk membentuk citra. Cermin-cermin ini dapat bergerak membelokkan cahaya sampai 5000 kali per detik.

i. komputer
Untuk bias berkerja dengan baik, sebuah computer tidak dapat melakukan nya sendiri. Akan tetapi computer memerlukan beberapa bahkan banyak komponan yang harus beker sama dan saling mendukung. Apabila sala u daro komponen tersebut tidak dapat bekerja dengan baik, maka dapat menganggu kinerja komputer tersebut secara keseluruhan. Karna alasan itulah kerja computer disebut sebagai sistem. Bedasarkan mekanisme karjanya, system komuter dapat digambarkan sebagai berikut:

INPUT                         PROSES                    OUTPUT
proses pemasukan        pemrosesan               penampilan
    data                          dan penyimpanan       hasil pemrosesan
                                          data                          data

a.bedasarkan hubungan antar computer:
·         personal computer, adalah computer yang berdiri sendiri tidak berhubungan dengan computer lain.
·         komputar network, adalah computer yang dapat berhubungan dengan computer lain dalam jaringan computer (network)
b. bedasarkan bentuknya:
·         komputer desktop, adalah computer penutup peralatan proses) mendatar (tidur).
·         komputer tower, adalah computer yang mempunyai casing (mempunyai bentuk casing berdiri (seperti menara).
·         laptop, adalah computer dimana peralatan input (keyboard dan touchpad), proses dan output (monitor,speaker) tergabung jadi satu.
c.dasarkan kepasitas pengolah datanya:
·         komputer mini, adalah komputer dengan kapasitas pengolahan dan ukuran yang kacil, missalnya pda (personal digital assistants).
·         Komputer mikro,  adalah komputer dengan kapasitas yang relative kecil dan biasanya satu computer hanya dipergunakan satu orang saja. Misalnya personal computer (pc).
·         komputer mainframe, adalah computer dengan ukuran atau bentuk yang cukup besar.
d. bedasarkan jenis data yang diolahnya:
·         komputer digital, adalah computer yang mengolah data digital.
·         komputer analong, adalah computer yang khusus mengelolah data-data analong.
·          Komputer hybrid, adalah computer yang dapat mengolah data analong maupun digital.
e. bnedasarkan tujuan pembuatnya:
  • Special purpose computer, adalah computer yang diciptakan untuk tujuan tertentu.
  • General purpose computer, adalah computer yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan.
  • Dedicated computer, adalah computer yang digunakan untuk program khusus.
  • Embedded adalah komponen computer yang dipasang pada pralatan khusus yang biasanya digunakan untuk mengatur atau mengontrol obyek lain. Misalnya robot.


j. internet

internet adalah kependekan dari interconnected network atau jaringan computer yang saling terhubung satu sama lain diseluruh dunia. Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika depatermen pertahanan amirika,  u.s. defense advanced research projects agency(darpa) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehinga mambentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama Arpanet. Dahulu tampilan informasi yang ada di internat tidak graphical seperti sekarang, masi teks mode berupa menu down dan baris perinta. Kemudian pada tahun 1989, timothy beners lee, ahli computer dari inggris menciptakan worls wide web yaitu semacam program yang memungkinkan gambar, suara, film dan musik dapat ditampilkan dalam internet. Sekarang, penggunaan internet telah masuk pada hamper semua aspek kehidupan, baik social, ekonomi, pendidikan,hiburan,bahkan keagamaan. Kita dapat mengetahui beritaberita teraktual hanya dengan mangklik situs-situsberita di internet. Demikia pula dengan kurs mata uang atau perkembangan di lantai bursa, dapat menyajikan lebih cepat  dari media manapun.

Aplikasi   internet yang saat itu banyak digunakan untuk komunikasi ialah aplikasi penjelajah internet (browsing), pengirim pesan elektronik (email), dan aplikasi untuk bercakap-cakap secara online (chatting). Untuk menjelajah internet diperlukan aplikasi khusus yang bernama browser seperti mozilla firefox, opera,conqueror, galleon,ephipany dan masi banyak lagi jenis browser yang termasuk dalam free and open source software (foos). Era tahun 2009 dan beberapa tahun yang akan dating kamungkinan orang semakin banyak menggunakan browser untuk mengunjungi situs-situs jejaring social seperti facebook dan twitter.

Facebook adalah website jaringan sosial dimana para penguna dapat bergabung dalam komunikasi kota,kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat te sedangkan twitter adalah suatu situs web layangan jaringan social dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirim “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karekter melalui sms, pengirim pesan instant, surat elektronik, atau aplikasi seperti twitterrific dan twitbin. 

Email (surat elektronik), adalah aplikasi yang memungkinkan para penguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektonik diinternet. Para pengguna email memiliki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu mailbox memiliki sebuah alamat sebagai penegal agar dapat berhubungan dengam mailbox lainya, baik dalan bentuk penerima maupun mengirim pesan. Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapet mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyuting dan mengirimkan pesan email.
Chattig merupakan bentuk komunikasi yang terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat, pelakunya disebut sebagai chatter. Para chateerdapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalan satu chat room dengan membicarakan topic tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Sekarang ini, dengan semakin tingginya dengan kecepatan akses internet, maka aplikasi untuk berkomunikasi tidak  hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara ((teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (video  conference). Untuk dapat mengakses informasi di internet, kita harus menggunakan computer yang terubung ke internet melalui media perangkat modern dan jalur kabel telepon. Moderm merupakan suatu perangkat keras yang berfungsi untuk menggubungkan computer kita dengan jaringan computer internet melalui jalur kabel telepon. Dalam jaringan computer, setiap computer yang terhubung dengan diberi nomer yang dikenal dengan nama ip (internet protocol)  dimana nomor tersebut berbeda untuk setiap computer yang terhubung. Untuk dapat mengakses internet setiap computer harus berhubungan dengan isp (internet service provider). Dengan membayar harga tertentu maka isp akan menberikan nomor ip kepada kita agar kita dapat mengakses ke internet. Akses internet yang kita dapat diatur oleh isp baok dari sisi kecepatan askses maupun jenis layanannya. Sekarang ini, untuk koneksi internet tidak harus melalui dan mengunaka kabel telpon, tapi suda nirkabel (tanpa kabel) contohnya dengan adanya perangkat modrn cdma semisal wimode dan bahkan bias dengan mengunakan telpon bergerak yang mempunyai fasilitas untuk bias koneksi internet.
 Pengertian kompenan dasar computer
Seperti yang digambarkan dalam peta konsep diatas, bawa kompenan dasar computer terdiri 3 pendukung, yaitu hardware,software dan brainware. Pengertian kopenen kompenen tersebut adalah
  1. hardware
adalah peralatan computer yang dapat dipegang dan dilihat secara langsung.
  1. software
adalah suatu program computer yang berisi perinta-printah yang dibuat dalam bahasa computer yang dapat mengerti dan dilaksanakan oleh hardwae computer. Perangkat ini tidak dapat atau tidak boleh dipegeng secara langsung.
  1. brainware
adalah orang yang mengunakan kompuer (sering disebut juga user).

Jenis hardware pokok sebuah computer adalah monitor,cpu,keyboarddan mose. Akan tetapi didalam pengunaanya disuaikan dengan kebutuhan penguna, sehingga jenis perangkat kasrnya juga bias ditambahkan. Misalnya speaker,modem,scanner,web-cam,dll.
Secara garis besar, hardware terbagi dalam 4 kelompok yaitu:

1. Input (prangkat memasukkan)
Adalah perangkat yang digunakan untuk memberi perintah atau masuk data kedalam system computer. Perangkat yang termasuk dalam input antara lain

  1. keyboard
    digunakan untuk memberikan masukan berupa perinta atau data kedalam system computer dalam bentuk ketikan. Keyboard biasanya dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
  • function keys (symbol fungsi)
  • type writer (symbol huruf, angka dan tanda baca)
  • numeric keypad (symbol angka dan sinbol hitung)
c.mouse
tujuan awal dari pengunaan mouse sebenarnya digunakan untuk pekerjaan computer yang menekankan pada program-program grafis (gambar). Dengan bantuan mouse, perinta yang diberikan tidak perlu diketik, tetapi cukup dengan memilih icon yang ada dimonitor dan mengeksekusinya dangan menekan tombol kiri/kanan pada mouse (klik). Dengan mouse, hasil pekerjaan yang bersifat grafis akan semakin presisi (rapi0. seperti peralatan elektronika lain,  mouse juga mengikuti perkembangan dangan perubahan fisik serta inovasi-anovasi lainnya. Misalnya mengunakan mpus optic, mouse tnpa kabel, bentuk fisik yang lebih kecil, kabel yang dilenkapi pengulung,dll. Bila kita rinci fungsi keyboard dan mouse antara lain untuk memberikan perintah-perintah:
  • mengetik data masukan
  • memudahlan menghapus dan mengoreksi data
  • mengendalikan program computer
  • membntu membuat format, tulisan, gambar
  • membantu proses penyetekan, dll

d. scanner
sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data yang berupa gambar dengan cara mamindai hasil yang di rekam dan hasil pemindahan tersebut akan direkam/disimpan ulang kedalam memori computer berupa sebuah file yang isinya berupa gambar yang relative sama persis dangan gambar aslinya.

e. joystick
lebih sering digunakan pada saat computer di pakai sebagai peralatan permainan (game). Dengan mengunakan perangkat ini, pengaturan dan control obyek permainan dapat lebih muda dilakukan dan digerakkan secara leluasa.

2. process (central processing unit/cpu)
Cpu merupakan salasatu bagian yang paling penting yang menyusun sebuah computer, karma didalamnya terdapt berbagat peralatan yang selalu melakukan pemrosesan data selama computer tersebut diaktivlan. Bentuk fisik luar sebuah cpu (casing) umum nya berbentuk kotak. Ada yang berbentuk desktop/mini desktop,tower/mini tower maupun leptop.
Bagian-bagian dari cpu meliputi :
  1. mother boart/main boart (papan induk)
berisikan kompenan-kompenan elektronik yang rumit dan berdementasi sangat kecil yang terpasang pada sebuah pcb (printed circuid board).
  1. processor
kompenan utama pada sebuah computer yang terletak dalam cpu, karma merupakan otak dari semua sirkulasi dan processing data yang masuk dalam cpu, perbedaan seri processor sangat berpengaruh terhadap kempuan sebuah computer. Biasanya sangat mencolok pada perbedaan kecepeta mengakses data/program aplikasi.
  1. read only memory  (rom)
bagaian dari momory yang hanya dapat membaca data saja (reat only). Memori oni bersifat permanent sehinga tidak akan hilang ketika listrik mati.
  1. random acces memory (ram)
bagian dari memory yang dapat membaca dan menilis serta menyimpan data atau program (read and write). Memory ini bersifat tidak pramanen, sehingga akan hilang apabila aliran listrik mati.
  1. power supply  
sebuah computer memerlukan sumber energi untuk operasinya. Tenaga listrik dari sumber listrik diatu dan didistribusikan ke kompenan-kompenan yang memerlukan dari perangkat ini. Tanpa adanya power suppy, maka kompoter tidak dapat digunakan sama sekali.

3.menyimpan data
Media penyimpan data terdiri dari beberapa macam media, antara lain:
  1. harddisk
Media penyimpanan internal (di dalam CPU) yang berkapasitas besar. Harddisk merupakan alat untuk menyimpan file program sistem dan file data dengan kapasitas simpan melalui dari ratusan mega byte sampai puluhan giga byte.


  1. CD-ROM atau DVD

Media penyimpanan data yang berbentuk cakram/piringan. Digunakan untuk menyimpan file-file program. Alat untuk membaca dan menulis median simpan CD-ROM disebut CD-Drive. CD-ROM mampu menyimpan data sampai 700 Mb, sementara DVD mampu menyimpan antara 4 GB hingga 9 GB

  1. Flashdisk

Media penyimpanan data yang berbentuk pena (saat ini dijumpai bentuk yang sangat beragam), ujungnya memiliki port USB (universal serial bus) sehingga sangat luwes digunakan untuk penyimpanan data diberbagai perangkat. Memiliki kapasitas penyimpanan data antara 64 Mb hingga 2 GB.


  1. Output (perangkat keluaran data)

Setelah data dimasukkan dan diproses, maka hasil atau outputnya dapat berupa data teks, angka, gambar, suara maupun hasil cetakan (printing). Hasil yang berupa gambar atau teks ditampilkan oleh monitor, yang berupa  suara dihasilkan oleh speaker dan yang berupa cetakan di kertas dihasilkan oleh printer.


a.                                                                                                                                                                                    Monitor (VDU = Video Display Unit)

Istilah lain dari monitor adalah screen atau layar. Perangkat ini sepintas mirip dengan televisi. Tampilan di monitor bersifat sementara (temporer) karena berkaitan langsung dengan proses yang terjadi dalam CPU dan tenaga listrik yang didistribusikan oleh power supply.

b. printer

Perangkat ini berfungsi untuk mencetak tampilan yang dihasilkan oleh monitor…
Printer dapat menghasilkan cetakan dengan berbagai model dan tingkat kualitas cetakan yang berbeda. Jenis-jenis printer yang beredar di pasaran saat ini adalah :

  1. Priter Dot Matrix

Printer jenis ini mempunyai prinsip kerja yang mirip dengan mesin ketik konvesional, yaitu memukulkan atau mengetukkan jarum logam ke lembaran pita yang mengandung tinta, sehingga bekas ketukan tersebut akan menghasilkan teks atau gambar. Ciri khas dari printer ini adalah suaranya yang berisik ketika sedang digunakan.
 

  1. Printer Tinta (Ink Jet Printer)

Prinsip keja printer ini adalah dengan menyemprotkan tinta yang terdapat di dalam head (kepala) printer ke media cetaknya. Banyak sedikitnya tinta yang disemprotkan tergantung dari lubang katup yang dikontrol oleh komponen elektronik yang terdapat dibagian head printer.
  1. Printer Laser

Printer ini mengunakan sinar laser untuk mengubah data menjadi cetakan. Printer ini dapat mencetak dengan kecepatan yang lebih tinggi dari kedua jenis printer diatas. Prinsip kerjanya mirip dengan foto copy yaitu menaburkan tinta kering berbentuk bubuk (toner) diatas media cetak. 

  1. Speaker

Komputer pada saat ini telah berfungsi sebagai alat yang multiguna. Pada saat kita bekerja dengan komputer kita dapat sambil mendengarkan musik yang kita aktifkan dari komputer. Sebelum dikeluarkan dalam bentuk suara, data yang masuk akan diproses oleh alat yang bernama sound card untuk diubah menjadi sinyal suara sehingga loudspeaker dapat mengubah sinyal suara menjadi suara yang dapat kita nikmati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PERANG DUNIA II

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER T I K KELAS VIII SEMESTER GENAP TAHUN 2012/2013